Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Samsung NX Mini

Daftardigital.com - Kamera saku dengan ukuran mungil umumnya mempunyai masalah pada sektor kualitas gambar. Namun NX Mini membuat Samsung semakin berambisi dalam meluncurkankamera mungil yang mempunyai hasil foto menawan.

Mengenal Lebih Dekat Samsung NX Mini

Bodi (tanpa lensa) yang mempunyai ketebalan hanya 23mm membuat NX Mini sangat sesuai dengan namanya. Meski tipis, NX Mini tetap nyaman saat dipegang. Untuk membuatnya menjadi lebih stabil, Anda sebaiknya memanfaatkan wrist strap pada bodinya.

Pada bagian belakang, Anda akan menjumpai layar sentuh putar berukuran 3 inci dengan resolusi 460K yang standar digunakan pada kamera modern. Tombol fungsinya mempunyai ukuran yang cukup mungil namun tetap akurat saat ditekan.

Mengandalkan layar sentuh
Untuk melakukan pengaturan pada beberapa fungsi, Anda tetap perlu menggunakan menu pada layar sentuhnya. Berbagai elemen menu di NX Mini untungnya berukuran cukup besar sehingga sangat jelas saat dioperasikan. Namun, hal ini membuat Anda menjadi perlu melihat layar saat harus mengganti fungsi yang tidak dapat diatur pada tombol fisiknya.

Menggunakan NX Mini untuk mengambil foto ternyata sangat menyenangkan. Anda hanya perlu meletakkannya pada jaket atau saku celana dan dapat mengeluarkannya secara langsung saat akan memotret. NX Mini juga dapat menyala dengan cepat, terutama jika menggunakan lensa fix 9 mm. Fokus juga dapat ditentukan dengan cepat saat kondisi cahaya ideal. Namun pada beberapa kasus, kamera akan sulit menentukan fokus saat digunakan pada kondisi minim cahaya.

Hasil foto melebihi ukurannya
Ukuran sensor 1″ yang lebih besar jika dibandingkan dengan kamera saku biasa membuat hasil foto NX Mini termasuk baik. Saturasi serta kontras warna yang dihasilkannya pun cukup menawan dan cemerlang. Ketajaman lensa bawaannya sebesar 9 mm termasuk cukup baik. Kualitas gambar pada setting ISO tinggi juga cukup baik, sedikitnya hingga ISO 1600. Di atas ISO tersebut, noise akan terlihat dengan jelas terlebih pada pencahayaan yang kurang ideal.

Hal yang perlu diperhatikan adalah adanya guncangan yang sering membuat hasil foto menjadi kabur dan tidak tajam akibat ukuran fisik mungilnya. Masalah tersebut dapat mudah diatasi dengan menggunakan mode continuous shot.

Cocok untuk selfie
Selfie Mode telah menjadi salah satu fitur andalan NX Mini. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu memutar layarnya hingga menghadap subyek. Tekan lah tombol shutter sehingga kamera akan mengambil foto dalam mode timer. Sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mengatur atau mengganti mode pemotretan saat akan melakukan selfie. Namun, apabila kamera dipegang dengan kurang stabil, maka hasil foto selfie menjadi kabur.

Fitur menarik yang lainnya ialah hadirnya konektivitas Wi-Fi dan NFC. Pemindahan foto dari kamera ke smartphone atau tablet Android dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan memanfaatkan aplikasinya.

Baterai tahan lama
Salah satu andalan Samsung NX Mini yang lainnya adalah daya tahan baterai. Meski fisiknya berukuran kecil, namun kamera ini dapat mengambil gambar hingga 600 foto. Hal ini tentunya jauh di atas kamera saku lainnya yang hanya bertahan dengan 200 foto saja.

Hal yang harus diperhatikan adalah NX Mini telah menghadirkan mount lensa baru. Hal ini membuat ketersediaan lensanya menjadi sangat terbatas. Anda dapat memanfaatkan lensa untuk mount NX, namun dengan bantuan adapter yang dijual secara terpisah. Konsep NX Mini juga sangat menarik. Ukuran yang ringkas serta kualitas foto menjadi resep ampuh untuk dapat menarik para pecinta fotografi, khususnya selfie.

Kesimpulan
NX Mini dibanderol dengan harga sekitar Rp 5,5 juta. Harga ini tergolong kompetitif untuk sebuah kamera mirrorless di kelasnya. Bagi pecinta selfie atau sekedar memerlukan kamera mungil dengan hasil yang sempurna, maka Samsung NX Mini patut untuk dipertimbangkan.

Kelebihan:
Hasil foto sangat baik untuk di kelas harganya.
Daya tahan baterai sangat panjang.
Konektivitas ke perangkat lainnya cukup mudah.
Responsif dan hampir tanpa lag.
Harganya kompetitif.
Desain menarik dengan warna segar.
Layar putar yang sangat berguna.
Selfie Mode memudahkan untuk melakukan selfie.

Kekurangan:
Tombol kecil.
Pilihan lensa terbatas.
Ukurannya yang kecil membuatnya mudah goyang.
Kualitas tampilan standar.

Spesifikasi Samsung NX Mini
Sensor                  : BSI-CMOS 1 inci 21 megapixel
Layar                     : LCD TFT ukuran 3 inci, bisa diputar sampai 1800 atau sebesar 460.800 pixel
Mount                  : Samsung NX-M (2,7x focal length multiplier)
Video                    : Full HD 1080p MPEG-4, H.264
ISO                         : "160-12800 (bisa juga diperluas antara 100 sampai 25600)"
Titik Fokus           : sebanyak 21 titik
Berat                     : 196 gr (termasuk didalamnya baterai)
Dimensi                : 110 x 62 x 23 mm


Tag : Harga, Kamera, Samsung
0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Samsung NX Mini"

Back To Top