Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Smartfren CONNEX M1

Daftardigital.com - Meski hot spot WiFi telah banyak tersedia di tempat umum, namun beragam masalah tetap saja ada. Seperti hot spot berbayar, lambat akibat banyak gadget yang menggunakannya, atau karena sekedar malas untuk bertanya kata kuncinya.

Oleh karena itu, sebagian besar orang lebih memilih untuk memanfaatkan MiFi (Mini WiFi) atau mini router pribadi untuk penggunaan yang lebih bebas. Salah satu provider yang rajin meluncurkan produk mini router adalah Smartfren yang merupakan sevice provider CDMA paling besar di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi EVDO Rev.B.


Smartfren telah mengenalkan seri terbaru router mini yang diproduksinya melalui seri Connex M1. Smartfren sudah tidak lagi menggunakan nama seri yang susah untuk diingat, sehingga Anda dapat mencarinya di pasaran dengan lebih mudah. 

Desain
Bentuk persegi dan sudut membulat yang dihadirkan oleh Connex M1 mempunyai warna putih dengan aksen merah yang sangat menawan. Pada bagian depannya terdapat lampu indikator yaitu sinyal EVDO, kekuatan baterai, pengisian baterai, WiFi aktif, dan juga SMS.

Lampu indikator tersebut akan mudah dikenali meski Anda sedang tidak membuka buku manual. Misalnya saja, warna biru yang terdapat di balok baterai menampilkan informasi tentang daya yang tersisa. Warna hijau pada ikon sebelahnya menampilkan sinyal EVDO Rev. B dalam jangkauan. Sedangkan merah berarti tidak terdapat sinyal EVDO Rev.B. Apabila WiFi aktif, maka lampu pada ikon Wi-Fi akan telihat menjadi biru. Demikian juga dengan lampu yang akan berubah menjadi biru pada ikon dengan gambar petir serta amplop saat sedang mengisi baterai (biru berkedip) dan adanya pesan SMS masuk (biru).

Pada bagian atas, Anda akan menjumpai tiga buah tombol yaitu daya, power bank, dan juga reset, serta satu buah port microUSB yang diguanakan untuk mengisi daya baterainya. Bagian sisi kananya ialah tempat Anda untuk mengakses kartu RUIM serta microSD yang terlindungi oleh tutup dengan penghubung karet. Penghubung tersebut agak ringkih apabila sering dibuka-tutup. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda melakukannya dengan berhati – hati dan tidak menariknya dengan kencang untuk mengurangi resiko karet menjadi cepat putus.

Untuk membuatnya menjadi power bank, Anda hanya perlu menghubungkan konektor USB ke port yang tersedia pada bagian kiri. Hal tersebut menjadi nilai tambah karena Connex M1 tidak memerlukan kabel konverter khusus sehingga dapat lebih praktis. Namun dampaknya adalah dimensi produk menjadi semakin tebal dan besar. Namun, bobotnya tetap ringan sehingga tidak akan membebani Anda saat membawanya ke mana – mana.

Desain Connex M1 secara keseluruhan dapat dikatakan stylish meski masih memanfaatkan lampu indikator sebagai jendela informasi daripada layar yang notabene lebih banyak disukai.

Fitur
Power bank menjadi fitur yang cukup unik dan jarang tersedia pada perangkat sejenisnya, seperti halnya router mini Smartfren yang telah beredar di pasaran. Smartfren telah bekerja sama dengan Haier yang merupakan produsen perangkat asal China. Smartfren menawarkan kapasitas baterai sebesar 4400 mAh. Kapasitas tersebut sebenarnya termasuk cukup besar untuk memberikan tenaga ekstra pada router dan perangkat yang terhubung dengannya.

Sebagai pemancar jaringan Internet, Connex M1 dapat menampung hingga 6 pengguna atau gadget sekaligus. Namun, semakin banyak jumlah perangkat yang terhubung tentunya akan membuat koneksi Internet semakin lambat dan daya baterai menjadi semakin cepat habis. Fitur unik yang lainnya adalah cloud yang dapat Anda ciptakan sendiri menggunakan Connex M1. Fitur penyimpanan secara nirkabel tersebut ternyata memanfaatkan slot microSD yang telah terdapat di versi sebelumnya.

Performa
Jika melihat pada buku manual, langkah yang perlu dilakukan sebelum menggunakan Connex M1 memang terlihat cukup ribet dan panjang. Untuk memeriksa apakah perangkat dapat langsung digunakan dengan melakukan langkah tersebut, kartu RUIM bawaan perangkat dapat diganti dengan kartu Smartfren lainnya dengan data yang telah aktif. Jika WiFi ternyata langsung aktif, maka Anda dapat terkoneksi dengan memasukkan kata kunci yang terdapat di perangkat.

Berdasarkan pengujian kecepatan pada jaringan EVDO Rev.B yang ditawarkan Connex M1 di daerah sekitar Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Pengujian menghasilkan pola yang cukup konsisten. Pola yang keluar biasanya akan memberikan informasi bahwa kecepatan pengunggahan (upload) akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pengunduhan (download).

Misalnya saja pada daerah perumahan Galaxy Park, Bekasi, kecepatan (download/upload) menunjukan angka sebesar 1.83 Mbps/2.74 Mbps. Di sekitar Lippo Karawaci, Tangerang, dihasilkan angka 0.18 Mbps/1.33 Mbps. Pondok Indah, Jakarta Selatan, tepatnya di depan POINS, kecepatannya berada pada angka 1.72 Mbps/2.08 Mbps. 

Sedangkan pada sektor daya tahan baterai, Connex M1 dapat bertahan saat digunakan secara terus – menerus hingga 12 jam lebih. Hal tersebut akan bergantung pada kekuatan sinyal EVDO yang didapatkannya, jumlah pengguna yang terhubung, serta suhu temperatur di sekitarnya. Oleh karena itu, Anda lebih baik tidak menempatkan Connex M1 di dalam tas. Saat digunakan dalam perjalanan dengna menggunakan mobil pribadi, Anda dapat menyelipkannya pada sela – sela ventilasi AC sehingga suhunya akan tetap terjaga.

Syarat utama untuk dapat mendapatkan layanan Internet Smartfren ialah fitur paket kuota 14GB yang dapat Anda beli dengan harga Rp60.000. Rinciannya yaitu 2 GB untuk digunakan sepanjang hari, sedangkan sisanya 12 GB dapat Anda gunakan sebagai bonus mulai pukul 1 dini hari sampai 06:59 selama 30 hari. Bagi yang gemar mengunduh musik, film, buku, atau game, Anda tentunya akan memanfaatkan detail paket tersebut dengan menyalakan laptop untuk melakukan pengunduhan pada jam – jam tersebut.

Kesimpulan
Sebagian besar layanan internet yang saat ini ditawarkan di pasaran biasanya sangat baik pada sektor pengunduhan data, sedangkan kecepatan peunggahannya terasa agak sedikit keteteran. Bagi pengguna yang senang mengakses situs YouTube, Anda tentunya akan merasa sangat terbantu karena kecepatan upload yang ditawarkan oleh Smartfren serta provider CDMA lainnya.

Connex M1 tidak hanya menawarkan kecepatan saja, Anda juga akan memperoleh perangkat trendi berkemampuan power bank, berbagi data secara nirkabel, serta bonus data malam yang melimpah dari Smartfren. Harga jualnya dibanderol lebih tinggi dari Bolt!4G. Namun hal tersebut terasa wajar karena coverage sinyal Smartfren yang lebih luas dengan jangkauan Jawa, Sumatera, Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan Bali.

Dengan harga yang berada di kisaran 500 ribu rupiah, Smartfren Connex M1 menjadi paket yang cukup menggiurkan. Tidak hanya mempunyai berbagai fungsi menarik dan berguna, paket data yang ditawarkannya pun telah cukup memenuhi kebutuhan sebagian besar penggunanya. Bagi Anda yang sedang mencari solusi koneksi Internet dengan jangkauan yang cukup luas, maka Connex M1 dapat dijadikan sebagai solusi pintar yang melebihi fungsi dan harganya.

Kelebihan:
Desainnya menarik.
Dapat dijadikan sebagai power bank.
Mudah untuk digunakan.
Didukung dengan bonus data dari Smartfren
Kekurangan:
Ukurannya relatif besar.
Bonus data dibatasi oleh waktu pemakaian

Tag : Berita, News
0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Smartfren CONNEX M1"

Back To Top