Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Mengenal Lebih Dekat LG G2 Mini

Daftardigital.com - Suatu hal yang berbau “mini” terkadang justru digemari oleh banyak orang. Seperti halnya miniatur, mobil mini, hingga sebuah smartphone mini misalnya saja LG G2 dengan versi mininya.

Apabila dibandingkan dengan telepon genggam pada beberapa tahun yang lalu, definisi “mini” terkadang justru mengacu pada desain bodinya yang kecil atau imut – imut. Seperti Panasonic yang pernah melibatkan Dian Sastrowardoyo sebagai ikon untuk memasarkan ponsel mininya dengan seri GD di era tahun 2004-2005. Ukurannya yang kecil membuatnya dapat dimasukkan ke dalam kantung celana atau rok Anda.

Mengenal Lebih Dekat LG G2 Mini

Namun, kata “mini” saat ini justru mengacu pada seri tambahan pada smartphone yang tidak hanya memangkas ukuran dari seri utamanya, tetapi juga spesifikasinya. Seperti pada LG seri G2 versi mini yang merupakan versi ringkas dari smartphone premium dengan harga lebih terjangkau. 

Desain
Sebagai penerusnya, LG G2 mini mempunyai desain yang mirip dengan pendahulunya serta produk keluaran LG dari seri lainnya seperti G Pro 2. Namun, layar dan bodinya mempunyai ukuran yang lebih kecil. Apabila G2 menghadirkan layar sebesar 5.2 inci yang telihat sangat lega karena ketipisan tepi layarnya, maka LG membuatnya menjadi lebih kecil yaitu seluas 4.7 inci. Namun kekuatan layar pada LG G2 mini tetap mempertahankan penggunaan kaca Corning Gorilla Glass 2.

Mengenal Lebih Dekat LG G2 Mini

LG G2 mini juga menghadirkan sistem tombol daya serta volume yang berada di bawah kamera utama. Namun, jika Anda membuka penutup belakang yang mempunyai tekstur titik – titik kesat, maka akan terdapat dua slot kartu SIM jenis mikro dan slot microSD yang tidak ada pada G2. Hal yang paling mencolok ialah baterai LG G2 mini yang bisa dilepas-pasang meski kapasitasdan jenisnya sangat berbeda dengan G2. Hal yang membuatnya menarik adalah baterai yang tidak perlu dilepas saat akan memasukkan kartu SIM ataupun microSD. Hal ini disebabkan karena sifat hot swap yang dimilikinya.

Speaker stereo yang berada pada bagian bawah tentunya menjadi salah satu hal baik bagi pengguna yang tidak senang menggunakan earphone saat mendengarkan musik atau menonton video. Sedangkan sensor infra merah pada bagian atasnya membuat G2 dapat menjadi remote pada berbagai perangkat di rumah Anda.

Ketiga tombol yang berada di bagian belakang G2 mini dapat dengan mudah Anda gapai meski sisi sampingnya tidak setipis pendahulunya. Hal ini disebabkan karena ukuran bodi dan layar dari G2 mini yang ramping tidak seperti pada G2 atau G Pro 2.

Fitur
LG telah menghadirkan OS Android yang paling baru yaitu v4.4 KitKat pada G2 mini. Namun, tampilan antarmukanya sangat mirip dengan smartphone LG menengah ke atas yang lainnya. Berbagai fitur yang tersedia di G2 juga dihadirkan pada LG G2 mini, namun dengan beberapa penyesuaian yang menyertainya.

Sebagai contoh, QuickRemote yang dapat digunakan sebagai remote control pada beragam peralatan elektronik seperti TV, pemutar DVD, serta Blu-ray. Namun pada peralatan yang juga sering digunakan seperti proyektor dan pendingin udara atau Ac masih belum dapat difungsikan sebagai remote control. Anda dapat mengubah layar mati dengan berbagai efek seperti Retro TV, Black Hole, atau Fade Out. Fontasi atau jenis tulisan juga dapat Anda ganti dengan tipe yang lainnya seperti Travel, Roboto, Purewhite, SmartGothic, dan Serif. Anda juga dapat menambahkannya apabila masih kurang dengan mengunduhnya melalui LG Smart World.

Tombol dengan simbol tukar kartu pada deretan tombol Rumah, Opsi, dan Kembali dapat membuat Anda mengakses layar manajemen kartu SIM secara lebih mudah. Pada layar tersebut, Anda dapat menyalakan dan mematikan kartu beserta layanan data, mengganti ikon setiap kartu SIM, melakukan personalisasi tema pada masing – masing SIM, mengaktifkan Cost Save Mode untuk menghemat pulsa, serta me-reset roaming data.

Untuk membuat cadangan pada beragam data di dalamnya, Anda dapat memanfaatkan LG Backup. Anda hanya perlu memilih file yang ingin dicadangkan atau mengatur pencadangan secara terjadwal (scheduled backup) serta restore data. Hal tersebut dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi terjadinya penghapusan foto favorit atau file penting lainnya secara tidak sengaja.

Fitur unggulan LG lainnya yang juga tersedia pada G2 mini adalah Knock Mode. Saat akan masuk ke layar utama, Anda dapat mengetuknya sebanyak 2 hingga 8 pola ketukan yang sebelumnya telah diatur. Dengan demikian, beragam data serta aplikasi di dalamnya hanya dapat diakses oleh pemiliknya saja. Apabila ingin berbagi pakai, maka Anda dapat mengaktifkan Guest Mode yang menggunakan dua pola penguncian untuk membuka layar. Satu khusus digunakan oleh Anda, sementara yang lainnya untuk teman atau kerabat yang akan meminjamnya.

Fitur Plug & Pop juga akan aktif saat earphone  Anda hubungkan  ke jack audio pada LG G2 mini. Aplikasi yang berhubungan dengan audio video kemudian akan ditampilkan pada layar bagian atas sehingga Anda akan lebih mudah dan cepat dalam mengaksesnya.

Performa
LG G2 mini didukung oleh prosesor berkecepatan 1.2 GHz dengan empat inti dari Qualcomm yang dapat melakukan berbagai perintah secara baik dan responsif. Ketika mengatur pencahayaannya menjadi 100%, layarnya yang tajam termasuk baik saat digunakan di luar ruangan.

Mengenal Lebih Dekat LG G2 Mini

Meski kameranya hanya memiliki resolusi sebesar 8 MP (belakang) dan 1.3 MP (depan), namun LG G2 mini telah menghadirkan lampu kilat serta multi-point AF yang dapat memotret dengan 9 titik tajam. Mode yang ditawarkan tidak hanya normal, tetapi juga Dynamic Tone atau HDR, Continuous Shot, Beauty Shot, Panorama, Sports, serta Time Catch Shot yang dapat mengambil gambar dengan cepat.

Sedangkan videonya mempunyai resolusi FHD dengan kecepatan 30fps. Saat melakukan perekaman, Anda dapat memanfaatkan tombol volume untuk memulai merekam atau menghentikannya serta melakukan pembesaran digital sesuai dengan pengaturan yang telah ditetapkan. 

Quadrant meletakkan LG G2 mini pada urutan pertama dengan skor 8665, di posisi kedua ada pembandingnya yang agak lawas yaitu HTC One X, kemudian disusul LG Optimus 2X. Pada hasil pengujian AnTuTu X, LG G2 mini justru memperoleh poin 15975 atau Good Job sehingga membuatnya berada pada posisi buncit yang cukup jauh di bawah pendahulunya yaitu LG G2. Sedangkan, hasil uji Vellamo menunjukkan poin 660 untuk Metal dengan peringkat kedua dari bawah, 1187 untuk Multicore yang membuat LG G2 mini menduduki posisi kelima di bawah Samsung GALAXY S4, serta 1641 untuk Internet Browser.

Berdasarkan hasil di atas, performa LG G2 mini dapat dibilang tidak begitu impresif. Meski tidak ditemukan masalah yang berarti pada saat menonton video berdefinisi tinggi atau bermain game. Bagi pengguna yang menginginkan performa yang maksimal, Anda mungkin tidak akan mendapatkannya dari LG G2 mini. Namun, baterai dengan kapasitas 2440 mAh yang dimilikinya cukup awet dan tidak membuat bodi bagian belakang menjadi panas saat digunakan secara terus menerus. LG G2 mini dapat digunakan seharian pada penggunaan normal yaitu koneksi Internet untuk mengakses jaringan sosial, bermain game selama setengah jam, menelpon, dan juga chatting. Untuk pengguna rata – rata, baterai LG G2 mini termasuk cukup memadai.

Kesimpulan
LG G2 mini mungkin lebih tepat jika dikelompokkan ke dalam ponsel “fashion” karena desainnya yang cantik, dengan bezel dan bodi tipis, serta tombol yang unik di bagian belakangnya. Vendor asal Korea Selatan menawarkan LG G2 mini dengan harga tiga jutaan yang tampaknya tidak terlalu mahal, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif bagi Anda yang sedang mencari smartphone Android dengan karakter berbeda.

Kelebihan:
Bezel atau pinggiran layar cukup tipis.
Desainnya menarik, tipis, dan ringan.
Tersedia fitur unik yang jarang ditemukan pada merek lain.
Speaker stereo berada di bagian bawah bukan belakang.

Kekurangan:
Tombol daya mudah tertekan dan aktif sendiri.
Performa standar.

Spesifikasi LG G2 mini
Prosesor              : Qualcomm MSM8226 Snapdragron 400, dan Quad-core 1.2GHz Cortex A7
Layar     : IPS 4.7 inci 540 x 960 piksel, ~234 ppi
Sistem Operasi  : Android v4.4.2 KitKat
Memori                : internal 8GB, RAM 1GB, eksternal microSD
Kamera                : kamera depan menggunakan 1.3MP video HD, belakang M 8MP video Full HD,
Baterai  : Li-ion 2440mAh
Dimensi                : ”129.6 x 66 x 9.8mm”
Bobot    : 121 gram


0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat LG G2 Mini"

Back To Top