Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Motorola Moto G

Daftardigital.com - Setelah beberapa tahun silam sukses menghadirkan lini smartphone Android premium seperti halnya Droid RAZR, nama besar Motorola sepertinya semakin menurun di pasar smartphone tanah air. Sebagai upaya untuk menggaungkan namanya kembali di Indonesia, Motorola Moto G saat ini hadir dengan posisi di segmen smartphone Android kelas menengah.
Mengenal Lebih Dekat Motorola Moto G

Konsep Desain
Moto G didukung dengan layar sentuh IPS 4.5-inci HD yang mempunyai kerapatan pixel hingga 329 ppi. Oleh karena itu, tidak lah heran jika layarnya terlihat tajam dengan kontras warna yang sangat baik jika dibandingkan dengan smartphone di kelasnya. Desain bodinya menggunakan konsep unibodi dengan sisi sudutnya agak membulat serta bagian belakang bodi yang terlihat agak melengkung. Dengan desain seperti itu, Moto G terasa cukup nyaman serta pas saat digenggam. Bagian panel penutup baterainya telah terlapisi oleh bahan karet agar di tangan tidak licin.

Sebagai sebuah smartphone kelas menengah, Moto G terlihat kokoh dan sangat meyakinkan. Smartphone ini bahkan telah dilapisi menggunakan lapisan anti air sebagai perlindungan dari guyuran air hujan atau cipratan air. Bagian layarnya juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass agar dapat membuatnya menjadi lebih tahan gores.

Hal yang membuat Moto G unik terlihat dari peletakkan slot kartu SIM yang berbeda dengan smartphone biasanya. Apabila smartphone biasanya meletakkan 2 slot kartu SIM dengan berdekatan, maka Moto G menempatkan keduanya secara terpisah. Slot kartu SIM pertama pada bagian kanan atas bodi serta slot kartu SIM kedua terdapat di bawah kiri bodi.

Fitur dan Performa
Keunikan lain yang dimiliki oleh Moto G adalah telah didukung oleh OS KitKat dengan antarmuka Google Android yang pengaturannya tidak diubah sama sekali. Tidak hanya itu, terdapat fitur tambahan menarik lainnya seperti Motorola Assist yang dapat membantu menyeimbangkan keadaan ponsel ketika Anda sedang sibuk atau beristirahat. Misalnya saja, saat Anda memilih opsi Meeting, maka Moto G akan mengakses kontak kalender secara otomatis pada akun Google melalui ponsel. Apabila pada kontak kalender terdapat jadwal rapat, maka Motorola Assist akan otomatis mengganti mode smartphone menjadi silent pada jam rapat tersebut. 

Mengenal Lebih Dekat Motorola Moto G

Kemudian Motorola Migrate yang dapat membantu Anda dalam memindahkan data ke Moto G. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, semua konten pada smartphone lama seperti foto, kontak, video, riwayat panggilan, serta pesan ke Moto G dapat Anda pindahkan hanya dengan sekali sentuhan tanpa menggunakan kabel atau PC.

Dengan memanfaatkan SoC Quad Core Qualcomm Snapdragon 400 1.2 Ghz serta RAM 1GB, performa Moto G dapat dibilang sudah sangat mumpuni untuk digunakan pada berbagai kegiatan. Melakukan browsing, menonton film HD, dan mendengarkan musik bahkan dapat dijalankan dengan cukup lancar tanpa adanya lag yang berarti.

Saat digunakan untuk bermain game HD, Moto G masih dapat diandalkan karena GPU Adreno 305 yang dimilikinya. Saat bermain game Real Racing 3, hasilnya pun cukup memuaskan. Tidak muncul lag yang berarti sehingga permainan dapat berjalan dengan mulus dan menyenangkan.

Jika dilihat dari segi kapasitas penyimpanan, memori intenal 8 GB pada Moto G sebenarnya cukup terbatas tanpa tersedianya tambahan slot untuk kartu microSD. Namun, Motorola telah menyediakan solusinya. Terutama untuk Moto G, Motorola telah menyediakan tambahan kapasitas 50 GB secara gratis pada Google Drive. Dengan demikian, kapasitas total Google Drive adalah sebesar 65 GB.

Bagi yang senang memotret, Moto G menyediakan kamera dengan resolusi 5 megapixel dan tambahan LED Flash. Foto yang dihasilkan termasuk baik dengan kontras warna dan tingkat ketajaman yang cukup baik pada kondisi cahaya yang ideal. Sementara pada pencahayaan yang kurang, noise dapat terlihat dengan jelas pada hasil foto meski reproduksi warnanya masih terjaga dengan cukup baik. 

Baterai dengan kapasitas 2070 mAh pada Moto G juga mempunyai performa yang cukup baik. Dengan penggunaan satu kartu SIM, pengaturan gelap terang 50%, push email yang cukup sibuk, melakukan browsing, chat di Whatsapp, serta koneksi data aktif, Moto G dapat bertahan hingga 10 jam sebelum diisi kembali.

Kesimpulan
Dengan paduan OS KitKat dengan tampilan Google asli, performa yang baik, serta harga kompetitif, Motorola Moto G hadir sebagai paket smarpthone Android yang sangat menarik. Bagi yang menginginkan smartphone Android dengan harga terjangkau, fitur unik, serta merek tidak pasaran, maka Motorola Moto G dapat menjadi pilhan alternatif yang cocok untuk Anda.

Kelebihan:
Performa oke.
Kualitas layar dan bodi baik.
Aplikasi bawaan Motorola sangat berguna.
Gratis Google Drive 50GB.
Harga relatif terjangkau.
Kekurangan:
Hasil foto kurang baik pada kondisi minim cahaya.
Tidak mempunyai slot kartu memori
0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Motorola Moto G"

Back To Top