Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Lenovo Vibe Z2 Pro

Daftardigital.com - Untuk menggoda para pengguna smartphone, para vendor tidak hanya menawarkan spesifikasi kelas atas saja, tetapi juga fitur kamera yang saat ini telah menjadi hal yang paling menggiurkan. Dengan adanya tren tersebut, Lenovo menjadi cukup percaya diri saat meluncurkan smartphone tercanggihnya yaitu Vibe Z2 Pro. Smartphone tersebut akan dijual secara eksklusif dengan jumlah yang terbatas.

Mengenal Lebih Dekat Lenovo Vibe Z2 Pro

Konsep Desain
Sebagai smartphone kelas atas, Vibe Z2 Pro terlihat sangat menawan dengan bodi aluminium setebal 7,7 mm. Bahan alumunium dengan pola metallic brushed weave pada bagian belakang bodi Vibe Z2 Pro telah berhasil memberikan aura eksklusif dan premium untuk desainnya. Namun, bodinya agak terasa licin saat digenggam dengan tangan. Bahan logam yang digunakannya mampu membuat Vibe Z2 Pro lebih hangat jika dibandingkan dengan smartphone berbahan plastik.

Mengenal Lebih Dekat Lenovo Vibe Z2 Pro

Desain unibodinya membuat baterai Vibe Z2 Pro tidak dapat dilepas-pasang sendiri. Sehingga imbasnya adalah peletakkan dua slot kartu SIM pada bagian kanan bodi bersama dengan tombol power. Slot kartu memori tambahan tidak disediakan oleh Vibe Z2 Pro sehingga mau tidak mau Anda harus memanfaatkan memori internalnya dengan kapasitas sebesat 32 GB.

Jika dilihat dari sektor layar, Lenovo Vibe Z2 Pro memanfaatkan layar IPS 6-inci dengan resolusi QHD 2560×1440 pixel yang menawarkan kerapatan pixel hingga 490 ppi. Oleh karena itu, tidak lah heran apabila layarnya tampak sangat tajam dengan reproduksi warna yang sangat baik. Layarnya bahkan masih terlihat jelas saat digunakan di luar ruangan dengan kondisi sinar matahari yang cukup terik. Hal tersebut disebabkan karena tingkat kecerahan layarnya yang mencapai 500 nits.

Antarmuka dan Performa
Vibe Z2 Pro mengandalkan antarmuka Vibe UI yang sederhana untuk melengkapi OS Android 4.4 KitKat yang dijalankannya. Spesifikasinya yang paling bertenaga membuat Vibe Z2 Pro menjadi satu – satunya seri Lenovo Vibe yang telah berhasil untuk menjalankan antarmuka Vibe UI dengan lancar dan hampir tanpa jeda. Sama halnya dengan keluarga smartphone Lenovo lainnya, Vibe Z2 Pro juga menghadirkan Lenovo Doit Apps yang memuat aplikasi berbagi, aplikasi pengaman dan proteksi dari virus, hingga aplikasi backup kontak dan SMS.

Mengenal Lebih Dekat Lenovo Vibe Z2 Pro

Dengan spesifikasi yang dahsyat ini, Vibe Z2 Pro telah dapat melewati berbagai test benchmark populer seperti 3DMark, Antutu, Quadrant Standard, hingga Vellamo dengan skor yang sangat tinggi. Untuk penggunaan sehari-hari, performanya termasuk sangat kencang. Vibe Z2 Pro juga dapat membuka berbagai aplikasi secara bersamaan, bermain game dengan kinerja grafis yang cukup berat seperti Injustice, hingga menonton video Full HD dengan sangat mulus dan tanpa masalah. Bagi penggemar audio, kualitas speaker internalnya termasuk sangat baik dengan reproduksi suara yang jernih dan lantang saat digunakan untuk memutar video atau musik favorit. Namun, performa yang sangat baik itu menghasilkan efek yang cepat panas pada bodi saat digunakan secara intensif. Saat melakukan browsing atau bermain game dalam waktu yang cukup singkat, bodinya akan cepat panas sehingga menjadi kurang nyaman untuk digenggam. 

Salah satu hal yang disenangi oleh penggunanya adalah baterai Vibe Z2 Pro dengan kapasitas ekstra besar yaitu 4000 mAh. Saat digunakan untuk melakukan browsing, bermain game, chat, dan push email dengan satu kartu SIM pada sinyal 3G, baterainya bahkan dapat bertahan lebih dari 24 jam. Kelebihan lainnya yang juga menjadi andalan Vibe Z2 Pro adalah kemampuan fotografinya dengan kamera utama berukuran 16 megapixel yang dilengkapi fitur O.I.S.

Kamera memang menjadi fitur yang diandalkan oleh Vibe Z2 Pro. Oleh karena itu, menjadi hal yang wajar apabila Lenovo memberikan porsi lebih pada fitur kamera dengan menggunakan sensor buatan Sony. Menu pengaturan pada kameranya termasuk lengkap dengan adanya mode Pro yang menawarkan opsi pengaturan manual, berbagai efek foto, hingga modus video yang mampu merekam video beresolusi 4K. Vibe Z2 Pro ternyata juga mampu membuat hasil foto yang tajam serta kontras dan warna yang begitu menawan, termasuk pada kondisi minim cahaya. Performanya juga termasuk baik dengan shutter lag yang minim serta kinerja autofocus yang cepat. Kelemahan Vibe Z2 Pro adalah foto yang dihasilkan dengan flash terkadang kurang konsisten serta pencahayaan flash yang tidak sesuai. 

Kesimpulan
Smartphone premium 4G Lenovo ini memang sangat memesona dengan desain serta kecanggihan yang dimilikinya. Khususnya pada sektor kamera yang begitu mengagumkan karena adanya mode Pro untuk mengambil foto dengan pengaturan manual seperti halnya pada kamera DSLR. Meski problem utamanya adalah masalah panas, namun Vibe Z2 Pro mampu menampilkan performa yang begitu gegas untuk berbagai kebutuhan mulai dari bermain game hingga multimedia pada format Full HD. Harga jual resminya yang dibanderol di kisaran Rp7.499.000 membuat Vibe Z2 Pro patut untuk dipertimbangkan bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan performa tinggi, kamera canggih, serta daya tahan baterai ekstra lama.

Kelebihan:
Desain mewah.
Baterai tahan lama.
Performa kencang.
Hasil foto sangat baik.
Layar tajam dengan reproduksi warna yang baik.
Edisi terbatas sehingga tidak pasaran.

Kekurangan:
Cepat panas.
Hasil foto dengan flash tidak konsisten.
Tidak dilengkapi dengan slot kartu memori SD.
Harga premium.
0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Lenovo Vibe Z2 Pro"

Back To Top