Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Lenovo S850

Daftardigital.com - Smartphone saat ini memang masih jarang yang dibanderol dengan harga menengah serta menggunakan bahan selain dari plastik. Lenovo mencoba untuk mengubah hal tersebut dengan meluncurkan S850 yang merupakan sebuah ponsel Android dengan cukup stylish dan menggunakan bahan kaca sebagai eksteriornya.

Mengenal Lebih Dekat Lenovo S850

Desain dan Kualitas Layar
Desainnya yang cantik dan mewah dengan material kaca menjadi hal utama yang dijual dari Lenovo S850. Hal tersebut memang sangat lah nyata. Saat memegang Lenovo S850, Anda akan dapat merasakan kemewahan yang dimilikinya. Terlebih jika dibandingkan dengan ponsel dari bahan plastik. Namun belum mencapai tingkatan yang sama seperti halnya ponsel kelas atas dengan harga lebih mahal serta tambahan eksterior kaca, misalnya saja pada iPhone 4s atau Sony Xperia Z2. Anda tetap perlu berhati – hati saat mencoba untuk menggenggamnya, karena bahan kaca yang digunakannya agak licin, terlebih jika terkena keringat dari tangan Anda.

Ponsel ini menjadi pas di tangan karena ukuran dimensinya yang sesuai. Namun, Lenovo S850 agak terasa kaku saat digenggam akibat bodinya yang rata seperti supermodel ternama. Saat digunakan untuk mengetik menggunakan dua tangan, Lenovo S850 terasa cukup nyaman. Meski bukan hal yang mustahil, mengetik dengan satu tangan melalui ponsel dengan layar 5 inci memang terasa cukup sulit.
Meski terkesan cukup kaku, bingkai pada bagian sisi kanan dan kiri Lenovo S850 terbilang cukup tipis. Hal ini membuat dimensi ponsel menjadi tidak terlalu lebar. 

Desain unibodi yang dimilikinya juga dapat membuat tutup belakangnya menjadi tidak dapat dibuka sehingga kartu SIM hanya bisa dimasukkan dengan menggunakan tray khusus yang mampu menampung kartu micro SIM sebanyak dua buah. Namun, slot micro SD untuk membuat penyimpanan memori internal semakin luas dengan kapasitas 16GB masih belum tersedia. Hal ini menjadi kompromi yang perlu dilakukan untuk dapat menampilkan desain cantiknya.

Bagian samping pada Lenovo S850 seakan – akan mempunyai bingkai dengan metal atau logam. Bezel pada bagian samping merupakan plastik dengan finishing yang hampir mirip dengan logam. Hal tersebut cukup baik sebagai pemanis desain pada Lenovo S850 yang sebenarnya telah manis. Peletakkan loudspeakernya terbilang cukup aneh karena berada di sebelah kiri, tepatnya di bagian atas port kartu Micro SIM. Keputusan desain ini diduga untuk menampilkan bagian belakang dengan lebih sederhana.

Mengenal Lebih Dekat Lenovo S850

Layarnya telah dilapisi kaca dengan lapisan oleofobik yang berfungsi untuk mengurangi kotoran atau keringat dari jari Anda. Layar 5 inci dengan esolusi 1280 x 720 piksel ini mempunyai jarak yang sangat dekat dengan kaca dibagian depannya. Hal ini membuat kualitas tampilannya menjadi lebih baik dengan tingkat pantulan rendah.

Layarnya juga mempunyai kualitas yang sangat baik saat dilihat dari berbagai sudut. Tingkat kecerahannya juga termasuk tinggi saat mengaturnya pada tingkat maksimal. Sementara kontras dan saturasinya tergolong standar. Jika ponsel kelas menengah yang mempunyai layar 720p seringkali mempunyai efek garis, maka hal tersebut tidak berlaku pada Lenovo S850. Jika dilihat dari segi White Balance, Lenovo S850 lebih mengarah ke warna kebiruan sehingga akan lebih adem ketika dilihat.

Fitur dan Antarmuka
Tampilan antarmuka yang dimiliki Lenovo S850 telah mengikuti tren saat ini, yaitu dengan hadirnya ikon sederhana yang flat, namun penuh warna. Seperti halnya Apple iOS dan MIUI, layar utama dapat memunculkan semua aplikasi dalam satu lapis saja, sehingga akan lebih ringan untuk memori ponsel serta lebih sederhana bagi para pengguna.

Meski demikian, fitur dan pengaturan yang dapat dilakukan cukup beragam. Misalnya saja, efek transisi pada layar Home dan juga pengaturan Themes. Lenovo S850 menyediakan 9 buah Themes dengan beragam nuansa, mulai dari minimalis, anak – anak, feminin, hingga serius dan kaku. Anda dapat mengkombinasikannya dengan beragam pilihan visual seperti sistem, layar pengunci, wallpaper, antarmuka pada notifikasi, serta animasi pada saat ponsel diaktifkan.

Tampilan notifikasi pada bagian atas layar juga dapat memuat berbagai pengaturan cepat seperti Bluetooth, Wi-Fi, tingkat kecerahan, dan lain sebagainya. Recent Apps juga dapat dilihat dengan menahan tombol menu. Anda kemudian dapat menghapus seluruh sejarah aplikasi yang sedang berjalan agar RAM 1GB yang dibawanya dapat dibersihkan. Pada intinya, UI S850 yang selaras dengan UI pada ponsel Lenovo terbilang cukup gegas dengan berbagai pilihan tampilan dan pengaturan yang dapat diatur secara luas.

Performa
Berdasarkan hasil dari aplikasi benchmark Antutu, Lenovo S850 telah menggunakan chipset MT6582 dari Mediatek. Prosesornya mempunyai 4 inti dengan clock 1,3 GHz, sedangkan GPU memanfaatkan Mali 400 MP. Memori RAM pada Lenovo S850 sebesar 1 GB saja. Ponsel Android kelas menengah ini terbilang lumayan stabil dalam hal performa. Lag maupun bug juga sangat jarang terjadi saat digunakan. Berdasarkan hasil Antutu Benchmark, Lenovo S850 memperoleh angka 17756 poin, sedangkan Quadrant Standard mendapatkan nilai 7169 poin.

Baterai dengan kapasitas 2150mAh membuat daya tahan baterai Lenovo S850 terbilang cukup baik. Apabila digunakan pada kondisi terkoneksi dengan Internet dan mengambil beberapa foto, maka Lenovo S850 dapat bertahan dalam waktu 10 hingga 12 jam.

Kamera
Apabila ponsel di kelasnya seringkali menghadirkan kamera sebesar 8 MP saja, maka Lenovo memberikan S850 dengan kamera berukuran 13 megapiksel. Fitur pemotretan juga tersedia dalam jumlah yang cukup banyak, seperti Panorama, Beauty, EV Bracket Shot, Group Shoot, PIP, serta Makro. Tidak hanya itu, High Dynamic Range atau HDR juga terdapat di dalamnya. Hasil foto dengan mode HDR seringkali tidak sesuai dengan penyambungannya sehingga akan memiliki bayangan. Oleh karena itu, tangan harus sangat stabil dan tidak goyang untuk dapat menghasilkan foto HDR yang sempurna.

Mengenal Lebih Dekat Lenovo S850

EV Bracket Shot juga termasuk cukup menarik. Apabila mode ini aktif, maka kamera akan mengambil gambar sebanyak tiga kali secara berurutan dengan tingkat kecerahan yang berbeda. Anda kemudian dapat memilih salah satu hasilnya atau menyimpannya sekaligus. Anda juga dapat menggunakan program pada PC Anda untuk melakukan penggabungan menjadi foto dengan rentang dinamis yang cukup tinggi. Sedangkan PIP merupakan Picture-in-Picture. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menggabungkan beberapa foto dari kamera depan dan belakang, namun diambil pada waktu yang berbeda dan tidak bersamaan.

Foto yang dihasilkan dari kamera ponsel ini bisa dikatakan cukup bagus. Ketika dalam kondisi cahaya yang kurang, maka cukup banyak detil yang hilang akibat noise removal. Namun jika hanya sekedar untuk diunggah ke media sosial, hasil foto secara keseluruhan terbilang cukup oke.

Kesimpulan
Lenovo S850 menjadi smartphone dengan desain cantik namun harga relatif terjangkau. Meski demikian, harga yang dibanderol sebesar Rp 2,9 juta ini memang terkesan lebih mahal jika dibandingkan dengan ponsel Android sejenisnya. Anda bahkan tidak dapat menjumpai ponsel Android yang mempunyai desain mewah atau casing dengan warna lebih menarik seperti putih, biru, dan pink. Dengan performa serta foto dengan hasil yang sangat baik, Lenovo S850 sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari ponsel berdesain mewah namun tidak begitu mahal.

Kelebihan:
Desainnya menawan.
Material kaca menampilkan kesan premium.
Kualitas tampilan sangat baik.
Hasil foto dan video termasuk baik.
Kamera depan baik.

Kekurangan:
Tidak terdapat slot microSD.
Agak licin serta kaku saat digenggam.
Fungsi HDR sulit digunakan.
Harga di atas rata – rata.

Spesifikasi Lenovo S850
Prosesor              : Mediatek MT6582 quad-core 1,3GHz
GPU                       : Mali-400MP
Memori                : Internal 16GB
Baterai                  : 2150 mAh
Layar                     : berukuran 5 inc HD atau [1280 x 720 pixel]
RAM                      : 1 Giga Byte
Kamera                : Belakang 13 megapixel, Depan 5 megapixel
Koneksi                : HSUPA, HSDPA, Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Dimensi                : 141 x 71 x 8.2 mm
Bobot                    : 140 gram
0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Lenovo S850"

Back To Top